Senin, 06 Desember 2010

Kompetisi Web Kompas Muda & AQUA


Jika teman-teman memperhatikan blog ini dengan seksama, kalian akan melihat warna template yang berbeda khusus di postingan ini. Yang biasanya dominan hitam-putih sekarang berubah menjadi biru-putih. Mengapa biru? karena dalam postingan ini aku ingin membahas tentang AIR. dan mengapa air? jujur saja, di sini aku lagi mengikuti kompetisi website yang di selenggarakan oleh Kompas muda dan AQUA yang bertemakan It’s about Us: Air untuk Masa Depan. selain Kompetisi Web Kompas Muda & AQUA, ada juga kompetisi-kompetisi yang lain lho! hadiahnya juga keren-keren, kunjungi saja www.mudaers.com. oke, langsung saja disantap artikel di bawah ini.


TENTANG AIR DAN KITA

Oleh : Udhi Sapto Vilanata

Belajar AsikPlanet air itulah yang mungkin di ucapkan oleh alien untuk menyebut bumi kita tercinta ini. Mengapa tidak? Lebih dari tiga perempat permukaan Bumi tertutup oleh air. Walaupun dengan sejumlah benua yang tersebar di seluruh permukaan Bumi, tetap saja ada satu lautan besar yang mendominasi planet kita ini. Tapi sekarang kita bicara bukan karena jumlahnya yang banyak saja, pengaruhnya terhadap kehidupan manusia ternyata juga sangatlah besar. Mulai dari mencuci pakaian, minum, masak, PLTA, hujan, Fotositesis tumbuhan, organ tubuh kita, semua terdapat air di dalamnya. Contoh-contoh tersebut menunjukkan bahwa hal yang sangat sederhana sampai hal yang begitu kompleks kita tidak bisa melepaskan diri dari yang namanya air. Dan seiring berjalannya waktu, air seolah-olah menjadi sahabat yang selalu setia menemani kita.

Dulu untuk sekarang
Dalam persahabatan kadang kita jumpai suatu ketidakcocokan ataupun kesalahpahaman. Hal tersebut sebenarnya sudah wajar terjadi. Hanya saja kesalahan kita adalah tidak segera memperbaiki ketidakcocokan atau kesalahpahaman tersebut dan bahkan kita sering membesar-besarkannya. Sehingga persahabatan yang awalnya indah menjadi suatu permusuhan yang tak ada hentinya. Begitu pula hubungan kita dengan air. Kadang kita juga menganggapnya sebagai musuh kita. Sebenarnya ada banyak hal yang menyebabkan ini. Tapi di sini kita akan mencoba membahas 3 besar kesalahpahaman menurut versi saya saja. Yang pertama banjir, yang kedua hujan asam yang merusak tanaman, lalu yang ketiga peninggian air laut yang menyempitkan daratan. Dari ketiga hal tersebut seakan air adalah sesuatu yang jahat dan wajib kita musuhi. Eh tapi tunggu dulu! Mari kita coba menelaah penyebab terjadinya peristiwa ini satu persatu.
  1. Banjir
  2. Tidak adanya lagi tanah resapan untuk digunakan air sebagai tempat baginya beristirahat dikala hujan turun, tidak adanya lahan hijau sebagai tempat resapan air tanah, lalu bertumpuknya sampah pada saluran air. Hal-hal inilah sebenarnya yang berpengaruh besar dalam terjadinya banjir selama ini.
  3. Hujan Asam
  4. Secara alami hujan asam dapat terjadi akibat semburan dari gunung berapi dan dari proses biologis di tanah, rawa dan laut. Tetapi hujan asam kebanyakan disebabkan oleh aktivitas manusia seperti industri, pembangkit tenaga listrik dan kendaraan bermotor yang akan menghasilkan gas Sulfur Dioksida dan Nitrogen Oksida. (http://www.dirgantara-lapan.or.id)
  5. Naiknya Air Laut
  6. Sejauh 30 tahun terakhir ini, pemanasan global telah menyebabkan lapisan es di laut Arktik di Kutub Utara menipis sebesar 40%. Di Antartika, lapisan es juga ikut mencair di tingkat yang terlalu cepat. Pemanasan juga akan mencairkan banyak es di kutub, terutama sekitar Greenland yang lebih memperbanyak volume air di laut. Padahal kita ketahui sendiri penyebab pemanasan global tidak jauh dari akibat ulah manusia.
Sekarang untuk masa depan
Dalam uraian sebelumnya, terlihat jelas bahwa ternyata bencana yang banyak terjadi sekarang ini adalah implikasi dari kesalahan kita dahulu. Itulah alasan kenapa saya memakai kata 'kesalahpahaman' di paragraf sebelumnya. karena kadang kita berpikir bahwa bencana yang terjadi merupakan bencana yang alami terjadi seperti halnya tsunami. Padahal belum tentu juga kan? Lalu apakah belum terlambat untuk memperbaikinya? Sebenarnya agak sulit untuk menjawab pertanyaan ini. Tapi daripada kita terus diam, lebih baik kita segera bergerak agar keadaan ini tidak menjadi semakin parah. Lalu apa yang bisa kita perbuat untuk memperbaikinya? Sebenarnya sederhana saja. Marilah kita jalin persahabatan yang baik lagi dengan air. Dengan mulai menjaganya, tidak mencemarinya, serta memanfaatkannnya dengan bijak.


Sebagai penutup, saya berharap semoga dengan artikel sederhana ini bisa menggugah hati kita untuk segera sadar. Amin! Karena sebenarnya langkah kita sekarang ini adalah penentu nasib air dan kita di masa depan. Marilah bersama kita beri kesempatan pada anak cucu kita untuk merasakan indahnya bersahabat dengan air!

Related Articles :


25 komentar:

sibutiz mengatakan...

ikutan gimana caranya kawan...???

Belajar Asik mengatakan...

silakan kunjungi www.mudaers.com aja sob... di sana ada info lengkapnya. ^_^

Pras mengatakan...

Semoga sukses shob...

Belajar Asik mengatakan...

Makasih sob.... semoga kamu jg menang deh...!!!! Amin....

CÜpú kisяÜh mengatakan...

tempat pendaftaran nya di mana sob :D

Doni Hermawan mengatakan...

Kalau menang, jangan lupa makan2nya ya...!!!! XD

ilham A.M mengatakan...

wah kita boleh saingan ni mas.....

mohon dukungnanya you mas............

mas dafit mengatakan...

nitip link donk :p


http://hotnews.web.id/2010/12/kompetisi-web-kompas-muda-aqua.html

Belajar Asik mengatakan...

@CÜpú kisяÜh, silakan kunjungi www.mudaers.com aja sob...
@Doni Hermawan, oke... bisa diatur... he3x...
@ilham A.M, Oke sob...!!!!!
@mas dafit, oh ya, silakan.... :)

farid mengatakan...

wah saya juga ikutan nih. mampir ke blog saya juga donk... saya bantu doa..

agro jamur tukul bersama mengatakan...

wow

artikel n template i like


n moggo juga komen diblog aku ya

rio mengatakan...

ayo selamatkan air kita

uMy mengatakan...

hmm...semua jadi pada ngomongin air nih...sukses yaa lombanya! :D

Belajar Asik mengatakan...

@farid, oke... oke...
@agro jamur tukul bersama, terima kasih...
@rio, ayo sob...!!!!!!
@umy, iya nih... tapi aku malah seneng... kan biar orang lebi banyak yang peduli dengan air... betul g'..??? he'em sob Amin...

Komang mengatakan...

Selamatkan air untuk anak cucu kita kawan!!

Virtual Forest mengatakan...

Semoga berhasil kawan ..... :)

melissa.t mengatakan...

good luck buat lombanya !
air untuk masa depan ! :D
Kompetisi WEB KOMPAS MuDA & AQUA

Kompetisi web kompas muda & aqua mengatakan...

bang blognya koq bikinlemot sih tapi gak pa2 saran saya kompres itu HTML milik abang saya yakin kalu tambah ringan bukan gak mungkin saya juga akan kalah lombanya,..,.,.,maju terus pantang mundur,.,.,!!!

Belajar Asik mengatakan...

@Komang,Ayo sob..!!!!
@Virtual Forest & melissa.t , Amin... terima kasih sob...!!!!
@lIham.co.cc, Mungkin server bloggernya lagi down sob, soalnya HTMLnya dah aku cek g'da yg error kok... javascript & gambarnya jg dah aku kompres... tapi lepas dari itu semua, terima kasih atas sarannya sob... ^_^

iponk's blog mengatakan...

wah bang salam sukses ya!
salam kenal dr ane...
follow back me please! hehehe

nazuafree mengatakan...

nice blog gan . di tunggu kunjungan balik na .

http://www.nazuafree.co.cc/

Belajar Asik mengatakan...

Oh ya...
he'em sama2 sob...
oke2... siap meluncur... ^_^

Azwin fatanah mengatakan...

mantap pren, artikelnya semoga kita bersama bisa menang (^_^) jangan lupa kunjungi www.azwinfatanah.blogspot.com alamat artikel http://azwinfatanah.blogspot.com/2011/02/kompetisi-web-kompas-muda-aqua.html mohon komentarnnya jg yach!! sukses buat kita semua

nugro mengatakan...

wah udah meluncur di halaman utama niih.

Yuni mengatakan...

Halo! Salam kenal yaaa. Nice one!
Main juga ke web kami ya di:

http://wahjoeni.co.cc/muda/kompetisi-web-kompas-muda-aqua.html


Salam,
Yuni & Nuri

Posting Komentar

 

Belajar Asik Copyright © 2010 LKart Theme is Designed by Lasantha